Kebiasaan Yang Membuat Asam Lambung Tinggi

Kebiasaan Yang Membuat Asam Lambung Tinggi

Apakah anda salah satu orang yang pernah mengalami naiknya asam lambung? Hal ini terjadi ketika isi dari lambung anda kembali naik hingga memunculkan sensasi terbakar atau panas di bagian dada dan tenggorokan. Rasa panas di dada tersebut adalah salah satu gejala terjadinya asam lambung tinggi, dan hal ini seringkali terjadi karena konsumsi makanan yang pedas ataupun berlemak. Namun nah selain dari makanan, kondisi ini juga dapat dipicu oleh konsumsi kopi.

Memang hal yang memicu terjadinya maag ini berbeda-beda setiap orang. Namun Sebagian besar orang yang mengalami maag adalah orang yang setelah mengkonsumsi ataupun meminum minuman berkafein. Selain minuman berkafein, ada 4 hal yang perlu Anda ketahui di mana 4 hal ini mampu memicu terjadinya maag.

  1. Minuman keras dan juga rokok

Alkohol dan tembakau merupakan hal yang sangat mempengaruhi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, dimana bagian tersebut akan memberi efek pada air liur yang juga memicu meningkatnya asam di lambung. Dan dengan mengkonsumsi minuman keras dan juga rokok maka anda akan mengalami dehidrasi dan penurunan produksi jumlah air liur, dan hal itulah yang menyebabkan Anda mengalami peningkatan asam di lambung.

  1. Makan terlalu malam

Anda perlu menghindari untuk melakukan makan 2 jam sebelum Anda tidur, karena hal tersebut mampu mempengaruhi proses produksi asam di lambung anda. Karena ketika tidur maka asam akan lebih mudah untuk kembali ke tenggorokan bagaimanapun posisi anda.

  1. Makan lebih dari 3 kali dalam sehari

Setelah anda makan maka tubuh akan segera memulai pencernaan dan mulai memproduksi asam di bagian lambung semakin banyak makanan yang anda makan tentu waktu yang dibutuhkan akan semakin lama dalam proses pencernaan makanan tersebut. Dan bila proses belum selesai namun anda sudah mengisi perut anda dengan makan lagi, contoh hal itu akan memperparah kondisi anda sendiri karena asam di lambung terus diproduksi untuk mempercepat proses penggaraman.

  1. Permen karet

Khususnya permen karet yang memiliki rasa Peppermint, ada baiknya bila anda memiliki maag Anda menghentikan kebiasaan ini. Seperti halnya kafein dimana peppermint ini juga mampu melemaskan otot sphincter yang membuat asam di lambung meningkat.